Selasa, 07 April 2015

Cara Ampuh Mengusir Hewan/serangga Penggangu di Rumah

sumber: http://ruumit.blogspot.com/

Tikus dan Kecoa 
Cara alami untuk membasmi binatang pengerat ini, misalnya dengan memanfaatkan buah mengkudu. Bau busuk buah mengkudu yang sudah masak, sangat tidak disukai oleh tikus. Caranya, Anda tinggal memotong-motong buah mengkudu yang sudah masak, lalu letakkan di tempatyang sering dilalui tikus. Binatang pengerat ini tidak tahan dengan bau buah mengkudu sehingga rumah Anda pun aman dari serangan tikus.
Area yang lembab seperti kamar mandi dan dapur adalah tempat paling digemari kecoa. Misalnya, di bawah meja dapur, dekattempat mencuci piring, atau bagian pipa di bawah wastafel. Karenanya kita harus membuat sirkulasi udara yang balk dan sistem pembuangan air yang lancar. Kemudian, coba perhatikan apakah ada lubang di dinding rumah Anda. Biasanya sering ada lubang antara kusen dengan tembok, atau lubang karena nat keramik dinding yang sudah rontok. Lubang tersebut biasanya dijadikan tempat tinggal kecoa. Jadi, segeralah tutup.
Apa sih tanaman alami untuk membasmi kecoa? Coba tengok ke dapur. Apakah Anda menyimpan daun salam? Nah, letakkan beberapa lembar daun salam segar di area yang sering dilewati kecoa. Kecoa tidak berani lagi ke rumah Anda. Agar kecoa tidak betah berlama-lama di rumah Anda, pastikan area-area lembab selalu bersih. Selain itu, gunakan cairan pembersih beraroma kuat terutama untuk membersihkan lantai dapur dan kamar mandi. Ingat, kecoa tidak menyukai aroma wangi.
Nyamuk
Selain tikus dan kecoa, nyamuk cukup mengganggu kenyamanan hidup Anda sekeluarga di rumah. Akan tetapi, sebetulnya justru kita sendiri yang seringkali mengundang nyamuk masuk kedalam rumah dengan kebiasaan buruk yang kita lakukan. Tak percaya? Tengok gantungan baju di kamar.langan biasakan menggantung terlalu banyak baju. Atau menumpuk barang di kamar. Nyamuk senang bersembunyi di tumpukan barang atau kain yang bergelantungan.

Pasang kassa nyamuk di jendela rumah. Atau pasanglah pintu tambahan berupa pintu teralis yang dapat dipasang kassa nyamuk, kalau Anda suka membuka pintu setup saat. Dengan cara ini, sirkulasi udara di rumah tetap lancar, nyamuk pun tidak bisa masuk. Kalau belum sempat memasang kassa nyamuk, tutuplah pintu dan jendela sejak sore hari menjelang maghrib.
Ada beberapa tanaman alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Seperti lavender (lavandula angustifolia), zodia (evodia suaveoleus), serai wangi (cymbopogon nardus) dan geranium (petergonium citrosa). Bunga lavencerkini banyakdimanfaatkan untuk pembuatan lotion pengusir nyamuk. Agar kulit kita tidak digigit nyamuk, gosok-gosokkanlah bunga lavender pada kulit kita. Insyc'Allah nyamuk enggan menggigit.
Selain lavender, zat yang terkandung di dalam tanaman zodia, yaitu evodiamine dan rutaecarpine, tidak disukai nyamuk. Aroma wangi tanaman ini juga akan tercium saattertiup angin. Demikianjuga geranium, yang mengandung geraniol dan sitronelol, yang menyebabkan nyamuk tidak mau mendekat. Cara memanfaatkan tanaman ini adalah dengan menempatkannya di tempat yangterkena tiupan angin. Karena aroma geranium akan tercium bila daunnya Baling bergesekan.
Semut
Bagaimana dengan semut? Mubazirkan, kalau makanan tidak bisa dimakan karena sudah keburu dikerubuti semut? Untuk mencegahnya, cobalah menggunakan cengkeh. Selain untuk bumbu masakan, cengkeh juga dapat digunakan untuk mengusir semut. Taburkan cengkeh di sekeliling makanan supaya tidak kena semut. Jika ingin kamar terbebas dari semut, ya tinggal taburkan cengkeh secukupnya di seluruh pelosok kamar, terutama yang dicurigai sebagaijalur lalu lintas semut.
                                                 

Rayap dan Ngengat
Kalau semut sudah cukup mengganggu kebersihan rumah, rayap dan ngengat adalah binatang yang sangat berbahaya. Karena bisa menyebabkan kayu keropos dan akhirnya hancur. Lemari bisa hancur karena ulah rayap. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan biji merica yang dibungkus dalam kain kassa dan ditaruh di dalam lemari. Aroma tajam merica tidak disukai rayap dan ngengat.
Jaga pula kelembaban lemari pakaian supaya tidak menjadi sarang rayap dan ngengat. Selain merica, manfaatkan kayu yang dibakar menjadi seperd arang, lalu dibungkus dan diletakkan di sudut lemari pakaian. Atau gunakan akar wangi, untuk mengusir rayap, ngengat dan kecoa, sekaligus mengharumkan pakaian. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar