Senin, 09 Maret 2009

Doa Setelah Sholat Fajar

Do’a Saat SUJUD
Allah swt berfirman dalam surah Al-Hajj ayat 18 : “Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang berada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pepohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak diantara manusia yang telah ditetapkan azab diatasnya”.
Rasulullah saw bersabda : “Posisi seorang hamba yang paling dekat dengan Rabbnya adalah ketika dia sedang bersujud, maka perbanyaklah do’a”.(H.R. Muslim)
Sujud adalah refleksi hamba dalam berserah diri dari merendahkan diri dihadapan Allah, karena manusia tidaklah bernama hamba (Allah), dan tidaklah manusia mengekspresikan kehambaannya kecuali dalam posisi kerendadirian dan ketundukan dihadapan Allah swt untuk keutuhan penghambaannya. Sujud itu memisahkan antara syaitan dengan manusia, karena pada hakikatnya sujud ini sesuatu yang dibenci syaitan dan membuatnya binasa.
Do’a-do’a yang dibaca saat bersujud :

٣x سبحا ن ر بي الاعلى
1. Subhaana robbiyal a’laa tsalaatsa marraati “Maha Suci Rabbku yang Maha Tinggi”. (H.R.Abu dawud, Nasa’i, Tirmidzi dan Ibnu Majah). Dibaca 3x.

سبوح قدوس رب الملا ئكة والروح
2. Subbuuhun qudduusun robbul malaaikati warruuhi “Maha Suci Allah dan Qudus, Tuhan yang menguasai Malaikat dan Jibril” (H.R.Muslim)

سبحا نك اللهم ربنا وبحمدك اللهم اغفرلى
3. Subhaanakallaahumma robbanaa wabihamdikallahummaghfirlii “Maha Suci Engkau, ya Allah Rabb kami dengan memuji-Mu ya Allah ampunilah daku” (Muttafaq alaihi)


اللهم لك سجدت وبك ا منت ولك اسلمت سجد وجهى للذىِ خلقه وصوره وشق سمعه وبصره تبا رك الله احسن الخا لقين
4. Allaahumma laka sajadtu wabika aamantu walaka aslamtu sajada wajhiya liladzii kholaqahu washowwarohu wasyaqqo sama’ahu wabashorohu tabarakallahu ahsanal khooliqiin “Ya Allah, hanya kepada-Mu aku sujud, kepada-Mu aku beriman, bagi-Mu aku berserah diri. Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Wajahku sujud kepada Dzat yang menciptakannya dan membentuknya, dan membukakan pendengaran dan penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik Pencipta” (H.R.Muslim)

سبحان ذى الجـبروت والملكوت والكـبرياء والعـظمة
5. Subhanaa dziil jabaruuti walmalakuuti walkibriyaai wal’adzhomati “Maha Suci Allah, yang memiliki sifat memaksa, berkuasa, kebesaran dan keagungan” (H.R.Abu dawud, Nasa’i dan Ahmad)

اللهم اغفرلى ذ نبى كـله د قه و جـله واوله واخره وعلا نيته وسره
6. Allaahummaghfirlii dzanbii kullahu diqqohu wajillahu wa awwalahu wa aakhirohu wa’alaaniyatahu wasirrahu “Ya Allah, ampunilah semua dosaku, baik yang kecil maupun yang besar, baik yang awal maupun yang akhir, baik yang terang maupun yang tersembunyi” (H.R.Muslim)

اللهم انى اعوذ نرضا ك من سخطك وبمعا فا نك من عقو نتـك واعوذ بك منك لا احصى ثناء عليك انت كما اثـنيت على نفسك
7. Allaahumma innii ‘auudzu biridhooka min sakhothika wabimu’aafaatika min ‘uquubatika wa a’uudzu bika minka, laa ahshoo tsanaa an alaika anta kamaa atsnaita ‘ala nafsika “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan dan keridhoan-Mu dari kemurkaan-Mu dan dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu. Dan aku mohon perlindungan dengan-Mu dari siksaan-Mu dan aku tidak mampu menghitung pujian kepada Engkau memuji kepada Dzat-Mu sendiri” (H.R.Muslim)

اللهم اجعل فى قلبى نورا وفى سمعى نورا وفى بصرى نورا وعن يمينى نورا وتحتى نورا واجعلنى نورا
8. Allaahummaj’al fii qolbii nuuron wafii sam’ii nuuron wafii bashorii nuuron wa’an yamiinii nuuron watahti nuuron waj’alni nuuron “Ya Allah, berikanlah cahaya pada hatiku dan terangilah cahaya pada pendengaranku dan penglihatanku, dan terangilah cahaya dari sebelah kananku dan sebelah bawahku, dan berikanlah cahaya pada diriku” (H.R.Muslim dan Ahmad)

ربى اعـط نفسى تقِوـها وزكـها انت خير من زكاها انت وليها ومولها
9. Robbi a’thi nafsii taqwaahaa wazakkihaa, anta khoiruman zakkaahaa anta waliyuhaa wamaulaahaa “Ya Rabbku, berilah ketaqwaan pada diriku dan sucikanlah diriku, karena Engkau sebaik-baik Dzat yang Mensucikannya dan Engkau adalah penolong dan kekasihnya” (H.R.Ahmad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar