Minggu, 18 Januari 2009

komputer XI BAb 5

KOMPUTER KELAS XI

BAB 5
PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA


Standar Kompetensi :
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi
Kompetensi Dasar :
2.1. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
Indikator Pencapaian
2.1.1. Memahami pengertian perangkat lunak pengolah angka
2.1.2. Memahami fungsi dan karakteristik perangkat lunak pengolah angka
2.1.3. Memahami Komponen Desktop perangkat lunak pengolah angka
2.1.4. Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
2.1.5. Menerangkan dan mengidentifikasi fungsi menu yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
2.1.6. Menerangkan dan mengidentifikasi fungsi ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
2.1.7. Menampilkan Toolbar dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan

Pengolahan data bagi suatu unit usaha dan organisasi sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk mendukung sistem administrasi, pelaporan, analisis dan evaluasi kinerja perusahaan dan berbagai kebutuhan lain. Untuk itu perangkat lunak seperti Excel dan Program pengolah angka yang lain sebagai sebagai program komputer untuk aplikasi perhitungan dan pembuatan tabel, Excel merupakan program aplikasi yang perlu mendapat tempat sebagai perangkat lunak untuk mengolah angka.
Pada bagian ini akan dipelajari bagaimana cara memahami dan terampil menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak Excel sebagai perangkat lunak pengolah angka yang sangat canggih, karena sifatnya yang sederhana, praktis tetapi berdayaguna tinggi.

A. PERANGKAT LUNAK (software) PENGOLAH ANGKA
Perangkat lunak pengolah angka adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempresentasikan data.
Program Lembar Kerja Elektronik yang pertama (VisiCalc) muncul di tahun 1978, dan segera diikuti oleh program spreadsheet terkenal lainnya yaitu Multiplan dan SuperCalc. Baru pada tahun 1982 muncul Lutus 123 dan Microsoft Excel yang selain berfungsi sebagai lembar kerja elektronik juga mampu menangani grafik dan database.

B. LEMBAR KERJA EXCEL.
Salah satu paket program (software) Lembar kerja Elektronik (spreadsheet) yang paling banyak dipakai pengguna komputer adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah salah satu software buatan Microsoft Corporation yang mempunyai karakteristik sebagai spreadsheet yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti manajemen database dan grafik. Kemampuan perhitungan paket software ini cukup luas yang dilengkapi dengan fungsi-fungsi yang cukup lengkap.
Lembar Kerja Elektronik atau Spreadsheet adalah lembar kerja yang terdiri atas kolom-kolom dan baris-baris. Spreadsheet ini biasanya digunakan untuk menyimpan dan sekaligus untuk menghitung data sehingga dihasilkan informasi yang berguna. Pada Ms. Excel SpreadSheet ini dikenal dengan nama WorkSheet atau lembar kerja atau disebut Sheet saja. Pada satu dukumen Ms. Excel bisa terdapat puluhan Worksheet, sehingga dokumen Ms. Excel juga dikenal dengan nama Work Book atau buku kerja.
Perpotongan antara kolom dan baris dalam worksheet merupakan elemen yang disebut sel, dan di dalam sel-sel inilah informasi yang Anda perlukan disimpan. Setiap sel yang berisi data dengan dengan sel yang lain dapat dihubungkan dan dimanipulasi pada lembar kerja dengan sebuah rumus, sehingga hasil pekerjaan dapat disimpan dalam sel yang lain. Jika data yang terdapat pada salah satu sel tersebut dirubah, maka secara otomatis hasil perhitungan yang ada pada sel yang lain yang mengandung rumus akan berubah. Program Lembar Kerja Elektronik ini sangat cocok untuk pengolahan data kuantitatif atau data keuangan (akuntansi).
Excel merupakan program aplikasi speadsheet yang bekerja di lingkungan (platform) Windows, yaitu dengan menggunakan cara kerja berdasarkan windows, yang berorientasi pada kemudahan pemakaian dengan integrasi yang tinggi. Excel dilengkapi dengan menu-menu Windows serta icon-icon yang memudahkan penggunaan fasilitas-fasilitas dalam spreadsheet.
Manfaat menggunakan Program Aplikasi Excel adalah sangat membantu dalam menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan mampu mempresentasi- kan data dalam bentuk tabel dan grafik

C. DESKTOP MICROSOFT EXCEL
Untuk pertamakali kita membuka program aplikasi Excel, kita dapat melakukannya melalui tombol tombol start  Program file  Microsoft excel (Ms. Excel 2003 melaui Microsoft Office), untuk selanjutnya akan ditampilkan desktop microsoft excel yang mirip dengan aplikasi lain yang berbasis Windows.

a. Title bar (baris Judul)
Titlebar atau baris judul berfungsi untuk mengenali nama dokumen yang sedang aktif.


b. Menu Bar (baris menu)
Menubar ini merupakan barisan perintah secara pull-down. Ms.Excel menampilkan sembilan menu title yaitu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window dan Help. Jika Anda mengarahkan penunjuk mouse ke sebuah menu title misalnya edit, maka akan muncul menu item atau submenu yang ditampilkan secara Pull Down (tergelar ke bawah). Menu beserta submenunya tidak dapat dikurangi. Penambahan menu hanya terjadi jika diinstall fasilitas tambahan. Perbedaan menu dan submenunya biasanya menunjukan perbedaan versi dari microsoft word yang digunakan

Menu Bar pada Ms.Excel berisi perintah-perintah yang diperlukan untuk mengelola dokumen dan pengolahan data . Untuk mengoperasikan menu-menu tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan mouse atau tombol pada papan keyboard. Tata cara penggunaan menu pada Ms. Excel sama dengan tata cara pengguanaan menu pada aplikasi berbasis Windows yang lain.

Ketentuan Pokok Penggunaan menu

o Perintah Menu atau Submenu dapat dilakukan dengan Short Cut, Alt + Huruf pada menu yang bergaris bawah atau Ctrl sesuai dengan yang tertulis di kanan submenu.
o Perintah yang diikuti dengan tiga titik pada submenu, misalnya submenu Replace…
o Submenu yang berwarna abu-abu tidak dapat dioperasikan karena ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu .

c. Toolbar (baris perkakas)
Toolbar, merupakan baris yang berisi kumpulan tombol ikon. Icon atau ikon adalah satu gambar yang digunakan untuk melakukan perintah secara cepat. Sebagian besar perintah pegoilahan dan performatan data pada Ms. Excel dilakukan melalui ikon yang ada pada toolbar ini.
Default Ms. Excel hanya menampilkan Standard toolbar, dan Formatting toolbar. Standard Toolbar, Merupakan barisan tombol standar dan pokok ketika melaksanakan proses pengelolaan dokumen. Formating Toolbar, berisi tombol -tombol yang digunakan untuk mengelola, menampilkan format yang berhubungan dengan tampilan isi sel. Toolbar lain tidak ditampilkan. Semua toolbar dan isinya berupa ikon dapat di tampilkan atau disembunyikan. Cara menampilkan dan menyembunyikan toolbar dan isinya sama dengan aplikasi berbasis Windows yang lain.

Menampilkan atau menyembunyikan toolbar
o Pilihmenu View  Toolbar.
o Beri tanda cek pada toolbar yang akan ditampilkan
o Hilangkan tanda cek pada toolbar yang akan disembunyikan.
Menu yang bertanda cek adalah menandai Toolbar yang dimaksud adalah toolbar yang sedang aktif



Menampilkan atau disembunyikan isi toolbar

o Klik tanda panah ke bawah (drop down) pada bagian ujung kanan toolbar.
o Klik tombol Add or Remove Buttons,
o Pilih dengan memberi tanda √ (cecklist) untuk icon yang akan Anda tampilkan
o Hilangkan tanda tersebut untuk menyembunyikan icon tersebut.

Menambah icon yang tidak terdapat pada daftar
o Pilihlah Customize
o Pilih command,
o Pilih kelompok toolbar
o Pilih icon yang dimaksud
o Drag ke toolbar yang dituju kemudian close.
o Untuk mengembalikan tampilan sesuai standartnya pilih reset toolbar.






d. Name Box (kotak nama) dan Formula bar (baris rumus )
Kotak nama ini berisi alamat sel aktif, isi dari kotak nama ini berubah jika kita memindah penunjuk sel dipindahkan. Sedangkan Formula bar menampilkan isi dari sel yang sedang aktif. Walaupun namanya Formula bar isinya tidak harus berupa rumus tetapi semua jenis data yang diketikan dalam sel. Tampilan yang ada pada formula bar tidak selalu sama dengan tampilan ada pada sel. Tampilan pada formula bar berisi apa yang kita ketikan berupa rumus, fungsi atau data, sedangkan tampilan pada sel adalah hasil dari rumus, fungsi atau data beserta formatnya.

Pengubahan isi sel dapat dilakukan dengan tombol edit ( Tombol F2 ). Pada saat tombol edit aktif, tampilan yang ada pada sel isinya sama dengan isi formula bar. Contoh tampilan name box, formula bar dan sel dapat dilihat pada peraga disamping.

e. Area kerja
Arena kerja Ms. Excel berupa sel-sel yang jumlahnya 16.777.216. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya sel-sel ini merupakan perpotongan dari baris dan kolom. Nama kolom (Colom Heading ) terletak mendatar diatas area kerja. Nama kolom ini berupa abjad A, B, C,… Z, AA, AB,……IV, sehingga banyaknya kolom ada 256. Nama baris ( Row Heading ) terletak vertical di sebelah kiri berupa angka 1,2, 3 … 65536. Angka 256 dan 65536 bukan angka yang ditetapkan secara asal. Bahasa komputer adalah bahasa biner, 256 berasal dari 28 dan 65536 berasal dari 216 . Dengan jumlah sel sebanyak ini, data yang dapat diolah sangat besar mengingat satu dokumen Ms. Excel dapat terdiri dari puluhan Worksheet. Tampilan pojok kanan bawah sebuah worksheet dapat dilihat pada peraga di samping.

f. Tab worksheet
Tab worksheet ini digunakan untuk memindah sheet aktif. Jumlah defaultnya adalah 3 (tiga) yaitu sheet1, sheet2 dan sheet3. Jumlah sheet ini dapat ditambambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Cara menambah sheet baru : Klik mouse kanan pada salah satu sheet  Insert  Worksheet  Ok. Nama Sheet juga dapat diganti dengan cara : Klik mouse kanan pada sheet yang akan diganti  rename  ketik nama barunya  enter





LEMBAR KERJA SISWA : No. 01 / 5 / Kelas XI
MATERI : Membuat lembar kerja
WAKTU PENGERJAAN : 30 menit

A. Lengkapilah Pertanyaan Berikut

1. Jelaskan pentingnya pengolahan data. ………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
2. Jelaskan pengertian dari lembar kerja elektonik atau speadsheet
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
3. Sebutkan perangkat lunak yang tergolong speadsheet. ………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
4. Jelaskan kelebihan dari Microsoft Excel sebagai perangkat lunak pengolah angka. ………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
5. Jelaskan pengertian dari worksheet dan workbook. ………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
6. Sebutkan 5 (lima) komponen isi dari desktop microsoft excel
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
7. Jelaskan 3 (tiga) prinsip cara menggunakan menu
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
8. Sebutkan semua menu yang ada pada microsoft Excel.
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
9. Jelaskan pengertian toolbar
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
10. Jelaskan pengertian dari shotcut dan ikon. ………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
B. Lengkapilah table berikut ini

ISTILAH KETERANGAN
Microsoft Excel …………….
Spreadsheet …………….
Worksheet …………….
Workbook
Sel …………….
Colom Heading. …………….
Row heading
Tab workSheet
Name Bar
Formula Bar …………….


B. MENU PADA MICROSOFT EXCEL

Pada bagian ini akan dijelaskan secara umum semua menu yang ada pada Microsoft Excel, sehingga diharapkan dapat memberikan gambaran umum semua fasilitas menu yang ada. Penjelasan secara detail dari menu–menu tersebut, submenunya, fungsi dan cara penggunaaannya akan dibahas pada bab-bab selanjutnya.

1. Menu File
Menu file ini berisi daftar perintah untuk mengolah data yang akan atau sedang dibuat. seperti membuat buku dokumen baru, menyimpan file, mencetak dan mengakhiri program Ms.Excel sebagainya.
Tampilan lengkap adalah
Membuat dokumen baru
Membuka dokumen yang sudah ada
Menutup dokumen yang sedang aktif

Merekam dokumen
Merekam dengan nama dan atau tempat lain
Merekam sebagai halaman web
Pencarian file
Hak akses dokumen
Menampilkan sebagai halaman web
Mengatur setup halaman
Mengatur bagian dokumen yang akan dicetak
Menampilkan tampilan cetak
Melakukan pencetakan

Mengirim dokumen
Mengatur informasi dokumen
File-file yang terakhir di edit
Keluar dari Ms. Excel
Peraga 5.8
Menu dan sub menu File

2. Menu Edit
Menu file ini berisi kelompok perintah untuk penyuntingan dokumen yang meliputi perintah Undo, Cut, Copy, Paste, Paste Special, clear, Select All, find, replace, go to dan sebagainya .


Membatalkan perintah
Mengulang perintah
Memotong atau menghapus
Menyalin atau menyimpan ke clipbord
Menempel isi clipboard dengan task pane
Menempelkan isi clipboard
Menempelkan isi clipboard dg memilih jenis
Menempelkan isi clipboard sebagai alamat web

Mengisi data sama dg data yg ada , nomor urut
Menghapus dgn memilih unsur sel atau/range
Menghapus isi range
Menghapus sheet
Memindah atau mengcopy sheet.
Mencari kata pada dukumen aktif
Mencari dan mengganti kata pada dukumen aktif
Menuju ke bagian dukumen tertentu
Mengedit links
Mengedit objek yang ada pada dukumen
Peraga 5.9
Menu dan sub Edit
3. Menu View
Menu file ini berisi perintah-perintah untuk mengaktifkan atau menyembunyikan bagian-bagian menu dari program Ms.Excel, seperti Normal, Web layout, Print Layout, Toolbar , Header and Footer dan sebagainya.
Menampilkan tampilan normal
Menampilkan tampilan dengna batas halaman

Menampilkan dan menyembunyikan task pane
Menampilkan dan menyembunyikan toolbar Menampilkan dan menyembunyikan formula bar
Menampilkan dan menyembunyikan status bar

Mengatur header dan footer
Memberikan/mengatur komentar pada sel
Memilih seting pengaturan tampilan
Menampilkan dokumen satu layar penuh
Mengatur ukuran tampilan layar
Peraga 5.10
Menu dan sub View

4. Menu Insert
Menu file ini berisi perintah-perintah untuk menyisipkan pemotongan halaman, menyisipan nomor halaman, waktu dan tanggal, Symbol Index dan tabel, Gambar, text Box, File, Obyek Hyperlink dan sebagainya.
Menyisipkan sel
Menyisipkan baris
Menyisipkan kolom
Menyisipkan lembar kerja / sheet
Menyisipkan Chart
Menyisipkan simbol
Menyisipkan pembatas halaman
Menyisipkan fungsi
Menyisipkan/ memberi nama range
Menyisipkan/ memberi komentar pada sel
Menyisipkan gambar
Menyisipkan diagram
Menyisipkan obyek aplikasi lain
Menyisipkan hiperlink (hubungan ke file lain)


Peraga 5.11
Menu dan sub Insert

5. Menu Format
Menu file ini berisi perintah-perintah untuk memformat sel, kolom, sheet dan lain-lain.

Pengaturan format sel
Pengaturan format baris
Pengaturan format kolom
Pengaturan format sheet
Pengaturan format yang tersedia
Penagturan format dengan kondisi
Pengaturan pilihan format atau style


Peraga 5.12 Menu dan sub Format

6. Menu Tools
Menu ini berisi perangkat pembantu dalam mengolah dokumen worksahet seperti pemeriksaan ejaan (spelling), protensi, macro dan sebagainya.

Pengecekan kosa kata
Pencarian dengan kamus
Koreksi kesalahan otomatis
Pencarian dengan suara
Pengaturan share ke jaringan
Pengaturan share dokumen
Penagruran catatan perubahan share dokumen
Penggabungan Dokumen
Pengaturan protensi dokumen
Kerjasama dalam jaringan
Menentukan perhitungan untuk hasil yang dicapai
Membuat skenario prediksi
Untuk men-cek sel referensi rumus
Pembuatan macro
Untuk menambah fasilitas
Pengaturan pembetulan pengetikan
Pengaturan Seting command, toolbar Ms. Excel
Pilihan Seting Ms.Excel


Peraga 5.13. Menu dan sub Tools

7. Menu Data
Menu ini digunakan untuk mengelola data seperti Sortir, penyaringan, tabel Convert tabel ke teks dan sebaginya.

Melakukan penyortiran
Melakukan penyaringan
Pembuatan Form
Mengitung sub total
Melakukan Validasi

Pembuatan table
Pengubahan text menjadi kolom

Melakukan oprasi dari sheet atau worksheet berbeda
Untuk mengelompokkan data / meringkas

Membuat analisa dan membuat grafik laporan
Penggunaan data dari luar
Membuat daftar tampilan
Menggunakan file XML
Melakukan penyegaran data

Peraga 5.14. Menu dan sub Table

8. Menu Windows
Menu ini digunakan untuk pengaturan tampilan jendela Ms.excel seperti arrange, New Windows, Split, dan sebagainya.
Mampilkan window / workseheet baru
Menampilkan beberapa worksheet sekaligus
Membandingkan antar workbook yang telah dibuat
Menyembunyikan worksheet
Menampilkan kembali Worksheet yg disembunyikan
Membagi window menjadi 4 bagian
Menahan bagian kiri dan atas sebagai judul
Sheet-sheet yang ada pada worksheet. (Sheet aktif bertanda cek )



Peraga 5.15. Menu dan sub windows






LEMBAR KERJA SISWA : No. 02 / 5 / Kelas XI
MATERI : Menu pada Microsoft Excel
WAKTU PENGERJAAN : 30 menit

A. Lengkapilah Pertanyaan Berikut
1. Jelaskan secara umum kegunaan menu File
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
2. Jelaskan keguanan dari menu Print Area, Page Setup dan Print Preview..
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
3. Sebutkan menu dan sub menu yang digunakan untuk membuat nomor urut.
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
4. Jelaskan Fungsi dari Menu, Edit
a. Clear …………………………………………………
b. Delete …………………………………………………
c. Delete Sheet …………………………………………………
5. Sebutkan 5 dari isi menu View jelaskan fungsinya
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
6. Jelaskan Fungsi dari menu Insert
a. Cells …………………………………………………
b. Rows …………………………………………………
c. Worksheet …………………………………………………
7. Menggunakan menu apa jika kita akan
a. Menyisipkan Chart
b. Menyisipkan pembatas halaman
c. Menyisipkan fungsi
8. Sebutkan Fungsi dari Menu berikut

9. Menggunakan menu apa jika kita akan melakukan
a. Penyortiran
b. Penyaringan
10. Menggunakan menu apa jika kita akan
a. Menyembunyikan Worksheet
b. Menahan baris dan kolom sebagai judul

B. Lengkapilah tabel berikut

ISTILAH KETERANGAN
Undo …………….
Paste Special …………….
Full Screen …………….
Protection …………….
Sort …………….
Filter …………….
Arrange
Spit
Unfreeze Panes

E. TOOLBAR PADA MICROSOFT EXCEL

Toolbar pada Microsoft excel merupakan komponen yang sangat penting karena sebagian besar perintah pada Microsoft Excel dilakukan melalui ikon yang terdapat pada toolbar ini. Pada keadaan standar Microsoft Excel Menampilkan Toolbar standart dan formating. Anda akan mempelajari seluruh Toolbar yang ada beserta fungsi ikon-ikonnya yang diangap urgen pada pengolahan data dengan Microsoft Excel
Umumnya toolbar ditampilkan secara horizontal dibagian atas dokumen , sebenarnya toolbar dapat ditampilkan vertical disebelah kiri atau sebelah kanan dokumen atau ditampilkan melayang. Untuk memudahkan pembahasan toolbar yang akan kita bahas akan ditampilkan secara vertikal

1. TOOLBAR STANDARD
Toolbar standar berfungsi untuk melakukan perintah dasar pada microsoft Excel.
Toolbar Nama Icon Fun gsi
New
Open
Save
Permission
Email
Print
Print Preview
Spelling and Grammar
Research
Cut
Copy
Paste
Format Painter
Undo
Redo
Hiperlink
Autosum
Sort Ascending
Sort Descending
Chart Wizard
Drawing Membuka dokumen baru
Membuka dokumen yang telah tersimpan
Menyimpan dokumen
Hak akses data
Mengirim dokumen yang aktif sebagai email
Mencetak dokumen
Menampilkan tampilan cetak dokumen
Mengecek ejaan
Pencarian dengan kamus
Memotong bagian terpilih
Menyalin bagian terpilih ke clipboard
Menyalin isi clipboard kesel aktif
Menyalin format paragraph
Membatalkan pekerjaan
Mengulang pekerjaan
Menghubungkan kedokumen lain
Mengetikan fungsi jumlah automatis
Melakukan penyortiran naik
Melakukan penyortiran turun
Pembuatan chart terbimbing
Menampilkan dan Menyembunyikan Toolbar Drawing


Peraga 5.16
Toolbar dan Ikon Standar


2. TOOLBAR FORMATING
Toolbar formating berfungsi untuk mengatur tampilan naskah yang sedang anda ketik,





Toolbar Nama Icon Fungsi

Font
Font Size
Bold
Italic
Underline
Align Left
Align Centre
Align Right
Merge and Centre
Currency
Percent Style
Coma style
Increase Decimal
Decrease Decimal

Decrease Indent
Increase Indent
Border
Highlight
Font Color
Memilih Jenis Huruf (Font)
Mengatur Ukuran Huruf
Memberi efek huruf tebal
Memberi efek huruf miring
Memberi efek garis bawah
Rata Kiri
Rata tengah
Rata Kanan
Penggabungan sel dan rata tengah
Mengubah ke format uang
Mengubah ke format persen
Mengubah ke format koma
Menambah desimal dibelakang koma Mengurangi desimal dibelakang koma

Mengurangi jarak text dari kiri
Menambah jarak text dari kiri
Memberi garis tepi
Memberi warna latar belakang
Memberi warna huruf



Peraga 5.17
Toolbar dan Ikon Formating



3. TOOLBAR DRAWING
Toolbar drawing berfungsi untuk menampilkan atau mengatur grafik dan Word art.


Toolbar Nama Icon Fungsi



Draw

Select
Auto Shape


Line
Arraw
Rectangle
Oval
Text Box
Word Art
Insert Diagram
Insert Clip Art
Insert Image
Fill color
Line color
Font Color
Line style
Dash style
Arraw Style
Shadow
3-D
Mengatur posisi, mengubah bentuk dll

Memilik objek
Menggambar bentuk yang tersedia


Membuat garis
Menggambar arah garis
Menggambar persegi panjang
Menggambar Ellips / Lingkaran
Menyisipkan kotak
Menyisipkan huruf Artistik
Menyisipkan diagram
Menyisipkan
Menyisipkan gambar
Memberikan warna objek
Memberikan warna garis
Memberikan warna text
Memilih model garis
Memilih bentuk garis
Memilih arah panah
Memberikan bayangan objek
Menyisipkan bangun 3 Dimensi



Peraga 5.18
Toolbar dan Ikon Drawing

LEMBAR KERJA SISWA : No. 03 / 5 / Kelas XI
MATERI : Toolbar dan ikon pada Microsoft excel
WAKTU PENGERJAAN : 30 menit

A. Lengkapilah Pertanyaan Berikut
1. sebutkan toolbar yang secara default ditampilkan pada microsoft excel
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
2. Jelaskan fungsi Toolbar Standard
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
3. Jelaskan cara menyembunyikan ikon painter pada toolbar
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
4. Sebutkan ikon apa yang digunakan untuk
a. Membatalkan perintah
b. Menghubungkan ke Dokumen lain
c. Mengetikan fungsi jumlah secara automatis

5. Jelaskan nama dan kegunaan ikon-ikon berikut :

………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
6. Jelaskan nama dan kegunaan ikon-ikon berikut :

………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………….

B. Lengkapilah table berikut ini
ISTILAH KETERANGAN
Toolbar Formating …………….
Ikon …………….
Chart Wizard …………….
Border …………….
Merge and center …………….
Superscript …………….
Currency
Percent style
Highlight
Font color

d. Praktikum Mengenal Perangkat lunak pengolah angka
1. Jalankan program Aplikasi microsoft excel
2. Hitung ada berapa Menu yang tampil
3. catat nama dokument yang aktif
4. Hitung ada berapa kolom, baris dan sel yang terlihat dilayar
5. Pindahkan pointer ke pojok kanan bawah (sel IV65536) dengan tombol end, panah kanan dan end panah bawah
6. catat tampilan name bar
7. Kembali ke posisi awal dengan Ctrl + Home
8. sisipkan sheet baru dan ganti nama menjadi satu, dua, tiga dan empat
9. Ketik data identitas anda seperti contoh berikut pada sheet Satu data anda



Dengan cara
- ketik data pada sel sesuai contoh
- atur lebar kolom dengan menu Format  Column Widht
o kolom b lebar 17
o kolom c lebar 4
o kolom d lebar 40
Pengaturan dilakukan setelah mengaktifkan salah satu sel pada kolom tersebut
- Atur lebar baris dengan menu Format  Row  Hight ukuran 30
Pengaturan dilakukan setelah memblok baris 3 sampai 9


Pengaturan lain lakukan sesuai selera anda

10. Rekam dengan nama identitas-Satu
11. Pindahkan data ke sheet-dua di sel yang sama
12. Rekam dengan identitas-dua
13. Tutup Aplikasi Microsoft Excel

Cinta Komputer
APA ITU TROJAN HORSE ?

Trojan adalah duplikat dari virus komputer. Trojan dimasukan sebagai virus karena sifat program yang tidak diinginkan dan bekerja dengan sendirinya pada sebuah computer. Sifat trojan adalah mengkontrol computer secara otomatis. Misalnya computer yang dimasuki trojan email. Trojan dimasukan dalam RATS (remote access trojans) dimana sebuah computer dikontrol oleh program tertentu, bahkan beberapa trojan difungsikan membuka computer agar dapat dimasuki oleh computer dan diaccess dari jauh.
Nama dari Trojan ini diambil dari mitologi Yunani kuno tentang perang antara pihak Yunani dan Troya. Karena tidak bisa menembus pertahanan pihak Troya, pihak Yunani memberikan hadiah berupa sebuah patung kuda kayu raksasa sebagai pengakuan kemenangan pihak Troya. Mereka menerima kuda raksasa itu dan kemudian membawanya pulang.
Cara kerjannya adalah ketika korban menjalankan server ia akan membuka beberapa port yang spesifik dan menunggu untuk koneksi. Hal ini bisa menggunakan TCP atau UDP protokol. Ketika kita melakukan koneksi dengan alamat ip korban kita bisa melakukan apa saja karena server membiarkan kita melakukan fungsi yang ada pada Trojan dikomputer korban (setiap Trojan berbeda-beda dalam hal fasilitas yang ada). Beberapa Trojan restart setiap kali windows diload. Mereka memodifikasi win.ini atau system.ini agar Trojan bisa restart tapi beberapa Trojan baru menggunakan registry supaya mereka bisa restart. Trojan berkomunikasi seperti client dan server. Korban menjalankan server sedangkan penyerang mengirim perintah pada komputer yang terinfeksi dengan menggunakan client,dan server kemudian mengikuti apa yang diperintahkan oleh client.
http://wapedia.mobi/id/Trojan_horse

LATIHAN DAN ULANGAN
Pilihlah jawaban yang benar
1. Spreadsheet adalah ….
a. Surat kerja
b. Lembar kerja
c. Lembar kertas
d. Kalkulator
e. Excel
2. Dibawah ini adalah program Electronic Spreadsheet. Kecuali ….
a. Visicals
b. Multiplan
c. Lotus 123
d. Excel 2000
e. Word 2000
3. Excel 2000 termasuk dalam paket program ….
a. Microsoft Office
b. Studio Work
c. Microsoft Windows
d. Microsoft Power Point
e. Microsoft Word
4. Spreadsheet terdiri dari ….
a. Baris saja
b. Kolom saja
c. Baris dan kolom
d. Baris dan sel
e. Kolom dan sel
5. Istilah sel dalam Excel adalah ….
a. Perpotongan antara baris dan sel
b. Perpotongan antara baris dan kolom
c. Perpotongan antara baris menu dan icon
d. Perpotongan antara kolom dan sel
e. Salah semua
6. Excel 2000 dapat bekerja dengan menggunakan Sistem Operasi ….
a. Windows 2000
b. Windows XP
c. Windows 98
d. A, b dan c
e. b dan c
7. Menu bar pada Excel adalah ….
a. Data
b. Tools
c. Table
d. a dan b
e. b dan c
8. Apabila salah satu menu bar diklik, akan membentuk deretan menu lagi kebawah, disebut ….
a. Menu file
b. Menu pull down
c. Menu toolbar
d. Menu formating
e. Menu windows
9. Kumpulan tombol Icon disebut ….
a. Tool Box
b. Toolbar
c. Tools  Options
d. Shortcut
e. Tools Standard
10. Gambar disket pada toolbar Standard digunakan untuk ….
a. Menghapus
b. Menghitung
c. Menyimpan
d. Keluar dari program Excel
e. Quit
11. Toolbar secara default pada Excel 2003 adalah ….
a. Toolbar Standard dan Formatting
b. Toolbar Standard dan Drawing
c. Toolbar Standard dan Border
d. Toolbar Standard dan Status Bar
e. Toolbar Formatting dan WordArt
12. Cara menampilkan toolbar adalah ….
a. Klik menu bar View  Toolbars
b. Klik menu bar View  Folder
c. Klik menu bar View  Border
d. Klik menu Data  View  Toolbar
e. Klik menu Format   Folder
13. Excel ketika pertama kali di operasikan membuat sebuah dokumen kosong dengan nama …
a. Book1
b. Book2
c. Document1
d. Documen2
e. Field1
14. Menyimpan file Excel dengan nama lain adalah ….
a. Klik menu File  Save
b. Klik menu File  Save As
c. Klik menu File  Open  Save As
d. Klik menu Save  File
e. Klik menu Insert  Save As
15. Mengakhiri Excel, perintahnya adalah ….
a. Klik menu File  Close
b. Klik menu File  Exit
c. Klik menu Insert  Exit
d. Klik menu Format  Open
e. Klik menu Data  Exit
16. Membuka file Excel dengan perintah ….
a. Klik menu File  Open
b. Klik menu File  Close
c. Klik menu File  Import
d. Klik menu Format  Open
e. Klik menu Data  Open
17. Secara default lembar kerja Excel terdiri dari berapa lembar ….
a. 3 lembar
b. 2 lembar
c. 1 lembar
d. 4 lembar
e. 5 lembar
18. Berapa jumlah baris dan kolom pada Excel ….
a. 65536 dan 256
b. 65536 dan 255
c. 65535 dan 256
d. 63535 dan 128
e. 63655 dan 2555
19. Sekelompok sel yang disatukan disebut …
a. Range
b. Kelompok sel
c. Blok
d. Format
e. Ctrl + Range
20. Perintah untuk memformat lebar kolom adalah ….
a. Klik menu Format  Column  Width
b. Klik menu Format  Column  Height
c. Klik menu Insert  Column  Width
d. Klik menu Table  Column  Width
e. Klik menu File  Column  Width

Jawablah dengan singkat dan jelas
1. Jelaskan apa manfaat anda mempelajari Microsoft Excel
2. Jelaskan keadaan default Microsoft Excel dari :
o Jumlah menu
o Jenis toolbar
o Jumlah sheet
3. Jelaskan cara menampilkan dan menyembunyikan toolbar
4. Jelaskan apakah puldown menu dapat di tambah, di kurangi atau disembunyikan.
5. Apa kegunaan pivot table
6. Jelaskan perintah apa yang digunakan untuk mengecek referensi sel dari rumus yang digunakan.
7. Jelaskan perintah yang digunakan untuk melakukan operasi dari berbagai sheet atau workbook
8. Apa kegunaan dari perintah Group and Outline
9. Perintah apa yang dapat digunakan untuk mengurutkan daftar nama dengan urut abjad
10. Perintah apa yang digunakan untuk menampilkan sebagian data yang memenuhi criteria tertentu

STUDI KASUS
Pada suatu hari Irma adik Anton membuka Microsoft Excel, tidak tahu apa yang sedang ia kerjakan, beberapa jam kemudian selesai. Komputer pun telah dimatikan. Selang setelah Irma selesai menggunakan komputer, Anton menyalakan kembali, dan mengerjakan pekerjaan rumah berupa pembuatan table. Microsoft Excel yang akan biasa ia gunakan dibuka, alangkah terkejutnya Anton beberapa ikon pada menu bar, standard toolbar dan formatting toolbar ada yang aneh, beberapa ikon yang tidak biasa muncul ternyata malah mengganggunya. Gimana cara mengembalikan ke tampilan aslinya?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar